Apa itu dosa Syirik ?

Ada yang tau tentang dosa syirik ? Syirik itu menyekutukan Allah, menduakan Allah. Orang - orang yang melakukan perbuatan Syirik disebuat musyrik. Kelompok atau kumpulan orang musyrik disebuat Musyrikin. Syirik ada dua macam, yaitu: menyembah sesuatu selain Allah dan riya dalam beramal.

Syirik yang pertama, misalkan kamu menyembah matahari. pada masa penjajahan Jepang, rakyat pernah dipaksa membungkuk saat pertama matahari terbit, sebagai bentuk penyembahan. Rakyat pun berontak, diantaranya pemberontakan di Tasikmalaya yang dipimpin oleh KH. Zainal Musthafa.

           Masyarakat nelayan mengenal istilah nadron atau pesta laut. Masalahnya, di acara ini ada upacara persembahan ke Penguasa laut. Kepala seekor kerbau dan sesaji berupa jenis makanan dan minuman diletakkan di sebuah perahu besar yang di buat dari kayu dan Kertas. Perahu - Perahuan tersebut, kemudian dilemparkan kelaut, sebagai bentuk bersyukur dan persembahan kepada penguasa laut. Kamu sebaiknya tidak perlu ikut-ikutan pesta semacam ini, walaupun sudah jadi tradisi di kalangan mereka.
          Di masyarakat petani, juga dijumpai sesajian yang di tempatkan di ujung-ujung sawah, entah sebagai penolak bala, mencari berkah, atau memberi sesuatu pada Dewi sri. Hal itu mereka lakukan agar panennya berhasil maupun syukuran karena panennya berhasil.
Perbuatan ini jelas Salah.

          Apakah perbuatan syirik itu hanya ada di masyarakat desa ?
Ternyata tidak. Di pasar-pasar di tengah perkotaan juga banyak dijumpai hal ini. Salah seorang teman membuka kios beras dipasar. Eh, entah mengapa kios nya tidak ramai. Tahukah kamu nasihat teman - temannya yang seprofesi sebagai pedagang di sana? Mereka malah menyarankan untuk mendatangai dukun, meminta jampi - jampi atau memasak susuk. Dan pesan - pesan lain, yang jelas menunjukan kejalan kemusyrikan.

          Para pengusaha juga ada yang tergelincir meyekutukan alla, yakni dengan melakukan perjanjian atau membuat kemitraan dengan syetan. Antara lain mengeruk uang dengan mengorbankan orang lain sebagai tumbal. Saya dengar dari seorang ustadz yag ceramah di TV, ada satu ilmu Black Magic yang namanya Kijing Sewu. Pemilik Ilmu ini, kalau mengorbankan banyak orang, kekayaannya jadi bertambah. Pemilik mobil bus misalkan, sengaja mobilnya dikorbankan dengan semua penumpang yang ada di dalamnya melalui suatu kecelakaan, tabrakan, jatuh kejurang dan lainnya. Aneh nya, setelah musibah tersebut, orang yang bersangkutan kemudian malah membeli lebih banyak lagi mobil. Perbuatan seperti ini jelas syirik dong, karena minta bantuan kepada selain Allah, dengan imbalan tumbal.

          Adapun bila kamu mengangap bahwa batu cincin bisa mendatangkan kekuatan, kekayaan, kewibawaan, dan sebagainya, itu termasuk salah satu perbuatan musyrik. Perhatikan firman Allah swt berikut,
"Barang siapa yang menyekutkan Allah, maka sesungguhnya Allah mengharamkan masuk surga dan balasannya ialah neraka." (Q.S Al-Maidah :72).
          Artinya, kalau kamu meninggal dan belum meninggalkan kemusyrikanmu, tidak akan ada harapan kamu bisa selamat di Akhirat. Makannya, mumupung masih di dunia, dan pintu taubat masih belum di tutu, maka perbauatan syirik itu harus dihentikan.
          Kata Nabi saw, ada tujuh hal yang dapat membinasakan manusia, salah satunya adalah Menyekutukan Allah. Dosa yang paling besar diantara Dosa-dosa besar adalah Musyrik atau Menyekutukan Allah. Pemberi rezeki kan Allah, kok ada yang meyakini cincinnya sebagai penarik rezeki? penolak bencana kan Allah, kok ada orang yang berkeyakinan bahwa bahwa memegang jimat, segala bencana bisa diusir? Pemberi Kekuasaan kan Allah, kok ada orang yang beranggapan bahwa mbah anu bisa memberi jabatan? Pemberi kekayaan kan Allah, kok ada yang beranggapan bahwa kalau ke dukun bisa mendatangkan kekayaan? memang sih biasanya orang-orang kepepet, mentok sana mento sini, dihina orang lain, kadang putus asa, dan akhirnya mau melakukan apa saja yang penting bisa kaya, termasuk mau bermitra dengan syetan dan meyekutukan Allah. Na'udzu billahi min dzalik. Semoga kita di beri kesabaran, kelapangan, dan jalan keluar atas segala masalah yang menghimpit kita. Yakinlah Allah MahaKuasa, Maha Perkasa, Maha Kaya dan Pemberi kekayaan, Maha Memuliakan dan dapat mengangkat derajat seseorang. Yakinlah, dekati Allahdengan do'a,zikir, dan perbanyak ibadah kepada-Nya, insayaAllah kamu akan di beri jalan keluar atas masalah - masalah yang ada, Amiiiiiin :)

          Syirik jenis kedua ialah beramal dengan riya. Riya itu artinya ingin dilihat, atau memaksudkan perbuatannya karena orang lain. Riya ini, kata Nabi Saw ialah syirik kecil. Syirik tapi tidak jelas. Kalau kamu sering kemesjid untuk sholat dhuha saat istirahat sekolah dan shalat berjama'ah dzuhur di masjid, tapi tujuanmu karena ada si doi, biar kamu terlihat shaleh di matanya, maka di Akhirat Allah akan menyuruhmu menemui do'imu itu dan meminta pahala darinya. Waah? Mana bisa. Padahal doimu juga sedang kebingungan bisa selamat atau tidak. Kalau pun selamat, doimu juga tidak akan bisa berbuat apa-apa untuk menolongmu.
          Nabi saw bersabda "Berapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa selain dahaga dan lapar. Dan berapa banyak orang yang sholat malam yang tidak dapat apa-apa selain jaga malam." Kamu tahu kenapa ? Karena, Shalat dan puasanya bukan karena Allah. Orang yang melakuakan ibadah dengan riya, seperti orag yang memenuhi dompet nya dengan koran. memang sh ketika di taro di belakang celananya, kelihatannya keren. Dompetnya tebal. Tapi ketika datang ke warung atau toko, saat isi dompet tersebut dikeluarkan tidak dapat apa-apa.

Apa tanggapanmu tentang Dosa Syirik ?

0 Response to "Apa itu dosa Syirik ?"

Post a Comment