Pengertian Intranet

Kalian Tahu Apa Itu INTRANET ?


http://www.oocities.org/es/anmir2600/imagenes/procesointranet.jpgIntranet adalah Sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh e-mail File Transfer Protokol (FTP), dan lain sebagainya.
Jaringan intranet merupakan jaringan internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakeses oleh orang lain. Tetapi, intranet juga dapat terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya (Internet Working) melalui backbone internet.

          Intranet sangat mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan dan dikonfigurasi ulang. Salah satu hal yang terpenting dalam intranet adalah keamanan jaringan (Network Security). Isu ini sangat sensitif karena jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum (Public Service communication network) sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keamanan canggih terus dikembangkan, seperti firewall dan enkripsi sehingga menjadi kelebihan tersendiri ketika diterapkan dalam intranet.

          Itranet mulai didengung-dengungkan pada pertengahan 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan. Intranet merupakan Jaringan komputer dalam perusahaan yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam internet. Atinya, semua fasilitas internet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi atau komunitas.

http://www.interact-intranet.com/wp-content/uploads/2013/02/eis-2.jpg

       Dalam perkembangannya, VPN (Virtual Private Network) diciptakan untuk membangun sebuah intranet dengan jangkauan yang luas melalui jaringan internet. Intranet sudah menjadi komponen penting dalam suatu perusahaan dewasa ini. Intranet dalam perusahaan akan berkembang sesuai dengan perkembangan perusahaan tersebut. Dengan kata lain, semakin besar suatu perusahaan, maka intranet yang diperlukan juga semakin besar. Permasalahan ini akan semakin kompleks apabila perusahaan tersebut mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar di berbagai kota dengan jarak yang jauh. Sedangkan, di lain pihak seluruh kantor tersebut memerlukan suatu metode untuk selalu berhubungan, misalnya untuk transfer dan sinkronisasi data.

       Ada beberapa alasan mengapa suatu organisasi menggunakan Intranet, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memungkinkan keterpaduan yang mudah antara e-mail internal dan eksternal.
  2. Memungkinkan dipergunakannya perangkat lunak yang mudah, berkemampuan cukup, serta terjangkau biayanya maupun teknologi penyimpanan, pencarian kembali, mengkonsumsikan, dan mengolah sumber-sumber informasi organisasi.
  3. Memungkinkan kemudahan dalama akses pada berbagai sumber yang menarik dari internet, khususnya materi yang dipublikasikan pada World Wide Web.
 Penggunaan Intranet dapat mendatangkan beberapa keuntungan di antaranya :

  1. Produktivitas kerja. Adanya Intranet dapat membantu pekerja dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan mereka untuk menunjang peran dan tanggungjawabnya masng-masing.
  2. Pemanfaatan Waktu. Melalui Intranet, pegawai Organisasi dapat memperoleh akses informasi kapanpun sehingga terjadi efisiensi waktu.
    Organisasi juga dapat memberikan informasi setiap saat secara aktual.
  3. Komunikasi. Adanya Intranet dapat memudahkan Komunikasi antarbagian dari suatu organisasi, baik secara horizontal atau vertikal.
  4. Operasi dan Manajemen. Intranet dapat digunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis, baik secara internal maupun antarorganisasi.
  5. Kerangka Perubahan budaya kerja. Melalui Intranet, pegawai - pegawai organisasi dapat terhubung dan bekerja sama dalam dunia maya sehingga memungkinkan munculnya pemikiran atau Ide untuk Pengembangan Organisasi.

0 Response to "Pengertian Intranet"

Post a Comment