Sejarah Perkembangan Internet

http://authorstream.s3.amazonaws.com/content/1310782_634628120106045000.jpgSejarah dan Perkembangan Internet ~ Internet yang dikenal pada saat ini merupakan pengembangan dari sebuah jaringan yang disebut ARPANet (Advenced Research Project Agency). ARPANet dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sejak 1969. pada Awal 1980-an, ARPANet terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANet dan MILNet (Jaringan Militer Rahasia), akan tetapi keduanya masih mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan.

      Pada mulanya, jaringan ini disebut DARPA internet, tetapi kemudian disebut Internet saja. Di Awal penggunaannya, akses Internet hanya terbatas untuk kalangan militer, Departemen Pertahanan, dan Perguruan Tinggi. Namun, setelah dibukanya layanan USENet dan BITNet, Internet dapat diakses melalui sarana komputer pribadi. Selanjutnya Protokol TCP/IP diperkenalkan pada tahun 1982, dan disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) Pada tahun 1984.

      Pada tahun 1990, Internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada masa ini. World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Swiss). Barulah pada tahun 1992 muncul World Wide Web pertama dengan nama Viola yang diluncurkan oleh Pei Wei. Berikutnya, interNIC didirikan pada Tahun 1993 untuk menjalankan layanan pendaftaran domain.

       Penggunaan Internet secara komersial dimulai pada tahun 1994 yang dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. Pada masa ini, masyarakat di Indonesia mulai menikmati Penggunaan internet secara komersial. Setahun kemudian, Compuserve, Amerika Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke internet bagi masyarakat umum.

0 Response to "Sejarah Perkembangan Internet"

Post a Comment